16 April 2019

Arus bolak balik ( AC )

T-FRESH SERVICE 🅰C™

ARUS AC ( BOLAK-BALIK)

Arus bolak balik atau sering kita sebut ( alternating current ) adalah arus listrik dimana besarnya dan arahnya arus berubah-ubah secara bolak-balik ,berbeda dengan arus searah dimana arus yang mengalir tidak berubah dengan waktu.

Bentuk gelombang dari listrik arus bolak-balik biasanya berbentuk gelombang sinusoida karena ini yang memungkinkan pengaliran energi yang efisien, namun dalam bentuk gelombang lainpun dapat digunakan. Misalkan bentuk gelombang segitiga ( triangular wave).

Umumnya listrik bolak-balik berarti penyaluran listrik dari sumbernya , misalnya PLN ke rumah atau ke kantor-kantor dan lainya, dan ada juga seperti sinyal radio atau audio yang di salurkan menggunakan kabel, yang juga merupakan arus bolak-balik, di dalam aplikasi ini tujuan utamanya adalah pengambilan informasi yang termodulasi atau terkode didalam sinyal arus bolak-balik.

baca juga : panel distribusi PLN

ARUS SEARAH ( DC )

Arus searah ( direct curent ) adalah aliran elektron dari suatu titik yang energi potensialnya tinggi ke rendah.

Sumber arus ini biasanya seperti batry termasuk aki dan elemen volta dan panel surya,arus searah mengalir pada konduktor, walaupun bisa juga dari semi konduktor, isolator atau ruang hampa udara.Arus searah dulu dianggap sebagai arus positif yang mengalir ke ujung negatif tetapi dalam penemuan yang terbaru arus ini merupakan arus searah yang mengalir dari negatif ke positif , aliran ini menyebabkan terjadinya lubang lubang yang bermuatan positif yang tampak mengalir dari positif ke negatif.

semoga artikel ini bermanfaat dan salam sukses...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar disini
Dan bila ingin berkonsultasi tentang artikel yang berhubungan dengan postingan ini kami selalu siap untuk berbagi

Design & Maintenance air conditioner

Layanan Service AC profesional  didukung oleh teknisi  berpengalaman jujur dan bertanggung jawab   Segala keluhan tentang AC anda...

postingan populer