14 Februari 2019

cara soldering dan desoldering

T-FRESH SERVICE 🅰C™

teknik solder
solder merupakan suatu alat menyambung kaki komponen pada pcb.dalam menggunakan solder kita biasanya menggunakan suatu alat tambahan untuk merekatkan antara kaki komponen yang satu dengan yang lain.alat ini namanya tenol,tenol yang baik ukuranya 0,8mm dan bahan tambahan timah/tenol komposisinya 60/40.Untuk menggunakan solder harus diperhatikan hal-hal sebagai berikut :



kekuatan daya solder
Daya solder yang berada di pasaran kisaran 30w hingga ratusan watt .Untuk menyolder komponen yang kecil sebaiknya menggunakan solder yang standar yaitu antara 30-40watt saja karena jika terlalu panas maka akan merusak komponen yang akan kita solder.

Perawatan solder
jika ingin solder kita awet maka perawatan yang rutin tentu akan membuat solder akan bertahan lama. hindari menggunakan amplas gosok karna akan merusak mata solder.

cara menyolder
tempatkan solder pada dudukan ,colokan steker solder ke stop kontak ,bersihkan ujung mata solder,beri sedikit tenol pada mata solder,bersihkan komponen dan pcb yang akan disolder,usahakan waktu menyolder kepala kita jangan sejajar dengan solder karena asapnya berbahaya untuk pernafasan kita.tempelkan ujung mata solder pada pcb yang hendak disolderkemudian setelah beberapa saat baru tenol ditempelkan pada ujung mata solder sehingga tenol benar-benar mencair dan menempel pada pcb.Jika terlalu lama menyolder ini akan merusak dari komponen tersebut.

Teknik desoldering
desoldering adalah pelepasan kaki komponen dari pcb. Biasanya untuk melepas suatu komponen kita memerlukan alat tambahan yaitu semacam alat yang bisa menyedot timah supaya komponen dapat mudah dilepaskan dari pcb.alat ini bernama Atraktor atau solder pump.




cara desoldering
panaskan komponen yang akan kita lepas,setelah terlihat mencair timahnya atraktor kita tempelkan pada ujung komponen dan pencet untuk menarik timah masuk ke solder pump.

kedua teknik diatas merupakan teknik dasar yang harus dikuasai seorang teknisi elektronika.

Semoga bermanfaat .
Salam sukses

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar disini
Dan bila ingin berkonsultasi tentang artikel yang berhubungan dengan postingan ini kami selalu siap untuk berbagi

Design & Maintenance air conditioner

Layanan Service AC profesional  didukung oleh teknisi  berpengalaman jujur dan bertanggung jawab   Segala keluhan tentang AC anda...

postingan populer