28 Februari 2019

Komponen Mesin cuci 2 tabung

T-FRESH SERVICE 🅰C™

Komponen yang berada pada mesin cuci 2 tabung banyak jenisnya ,dan masing -masing komponen ini saling berkaitan satu sama lainya,bagi kalangan orang awan banyak yang belum mengetahui komponen apa saja yang berada pada mesin cuci ,terutama mesin cuci 2 tabung.

Pada kesempatan ini kita akan sedikit berbagi tentang macam-macam part yang ada dalam mesin cuci 2 tabung ini,keuntungan kita jika mengetahui komponen apa saja yang berada pada mesin cuci ini adalah paling tidak kita bisa menganalisa atau mengganti sendiri komponen yang mengalami kerusakan jika mesin cuci kita bermasalah.




Komponen-komponen ini adalah sebagai berikut :

  1. Body mesin cuci
Ukuran body mesin cuci 2 tabung lebih besar dari pada yang 1 tabung atau model top loading,sesuai dengan namanya mesin cuci 2 tabung memiliki 2 tabung yang terbagi menjadi 2bagian yaitu untuk pencucian dan untuk pengeringan.

      2. Display selector

Pada display ini terdapat 4 selector yaitu :
  • wash timer . alat ini sebagai pengatur untuk cucian.
  • wash selector . alat ini sebagai pengatur kecepatan putaran mesi dinamo mesi cuci
  • drain selector alat ini sebagai membuang air untuk pembuangan air dalam meswin cuci
  • spin timer alat ini untuk mengatur waktu pengeringan .
      3. Iner wash tube

komponen ini adalah wadah untuk tabung mesin cuci atau tempat pakain yang akan di cuci.

      4. Pulsator

komponen ini berada pada dasar tabung,dimana cara kerjanya berputar kanan kiri untuk memutar pakaian yang berada pada tabung mesin cuci.alat ini jika terkena benda tajam akan sering mengalami kerusakan.untuk pengamanan  periksalah pulsator ini setiap kali habis melakukan pencucian.

      5. Spintube

Alat ini sebagai wadah untuk pakaian yang akan di keringkan ,yaitu berada di samping tabung pencucian ,dan spintube ini berputar dengan bantuan motor pengering yang berada dibawah spintube itu sendiri.


      6. Billows ( seal spin )

alat ini berupa karet elastis dengan lobang ditengah yang berisi besi dan berbentuk bulat dengan ketebalan kurang lebih 1/2 cm dan dilengkapi dengan pengait di dalamnya.

       7. Wash timer

Komponen ini sebagai pengatur waktu putaran untuk pencucian pakaian di dalam mesin cuci.semakin kita putar wash timer ke kanan maka waktu putar dinamo akan semakin lama.

       8. Spin timer

Komponen ini fungsinya hampir sama dengan wash timer,sebagai pengatur waktu putaran pada waktu pengeringan berlangsung.semakin besar angka yang dipilih maka semakin lama waktu pengeringan berjalan.

       9. Speed reducer

Memiliki fungsi untuk menggerakan pulsator dengan tenaga mekanik motor wash yang dihubungkan dengan vanbelt .Spedreduser tersusun dari beberapa roda gigi yang sering disebut gear  , dan ini lah yang menggerakan pulsator

       10. Motor wash

Komponen ini adalah penggerak putaran pada saat pencucian pakaian,berada pada bawah tabung pencucian.

       11. Motor spin

Motor ini berfungsi sebagai penggerak spintube untuk pengeringan pakaian pada mesin cuci.

       12. Vanbelt

Alat ini terbuat dari karet yang berfungsi untuk menghubungkan motor wash dengan gearbox, kerusakan terjadi biasanya karena faktor usia dan sudah lamanya mesin cuci digunakan.

       13. Saluran pembuangan air ( case divi )

Peran alat ini untuk pembuangan air dimana alat ini dilengkapi dengan katup dan karet seal ,karet ini akan ketarik jika anda menarik tuas drain pada mesin cuci,dan air akan keluar.

       14. Kapasitor

Komponen ini sebagai starting pada waktu dinamo berputar baik dinamo pencucian atau dinamo pengeringan.Hal yang sering terjadi dinamo tidak berputar dikarenakan kapasitor ini sudah lemah atau short dan jika masalah ini timbul anda harus menggantinya dengan yang baru.

       15. Switch pintu spin

Cara kerja dari alat ini pada saat pintu ditutup saklar ini akan berhubungan sehingga proses pengeringan bisa berjalan dan sebaliknya jika di buka maka akan terpuus aliran listrik yang menuju ke dinamo motor spin

       16. Selang pembuangan

Fungsinya sebagai saluran pembuangan air untuk membuang air keluar dari tabung mesin cuci.

Demikian lah bagian-bagian komponen yang berada pada mesin cuci 2 tabung, untuk bagian mesin cuci 1 tabung akan kita ulas pada postingan selanjutnya,
semoga bermanfaat untuk anda yang mencari pengetahuan tentang komponen alat mesin cuci 2 tabung.
salam sukses.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar disini
Dan bila ingin berkonsultasi tentang artikel yang berhubungan dengan postingan ini kami selalu siap untuk berbagi

Design & Maintenance air conditioner

Layanan Service AC profesional  didukung oleh teknisi  berpengalaman jujur dan bertanggung jawab   Segala keluhan tentang AC anda...

postingan populer