26 Februari 2019

Komponen AC Ruang

T-FRESH SERVICE 🅰C™

Komponen AC Ruang yang berada dalam sebuah mesin pendingin atau Air conditioner mempunyai fungsi yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainya,masing-masing komponen ini berfungsi untuk mengkondisikan udara pada sebuah ruangan agar bisa sejuk dan dingin.

Air conditioner atau sekarang disebut AC mempunyai beberapa komponen yang setiap komponen tersebut terdapat beberapa bagian dan dari bagian-bagian dalam sebuah mesin pendingin mempunyai fungsi masing-masing.

Komponen ini mempunyai mempunyai 4 bagian yang terpenting ,walaupun semua komponen juga penting tapi sebuah mesin pendingin ada 4 komponen utama,komponen pendukung,komponen kelistrikan,dan komponen pendingin.



KOMPONEN UTAMA


  1. KONDENSOR
Fungsi dari komponen ini adalah penukar kalor mengubah wujud refrigerant dari bentuk gas sampai menjadi cair,dan menurunkan suhu temperatur refrigerant.pada bagian ini biasanya menggunakan udara untuk media pendinginanya,sejumlah kalor yang terdapat pada refrigerant dilepaskan ke udara dengan bantuan kipas motor yang berada pada outdoor unit.

supaya pelepasan udara lebih cepat pipa pada kondensor di beri bentukseperti sirip-sirip kecil,untuk itulah agar bisa bekerja maksimal sirip-sirip ini harus selalu dalam keadaan bersih.dan jika sirip-sirip ini kotor maka performa dari ac tersebut akan kurang maksimal dalam proses pendinginanya.

     2. KOMPRESOR

Komponen ini berfungsi pusat sirkulasi dari gas freon dalam sebuah mesin pendingin,kompresor juga berfungsi sebaagai penghisap dan mendorong gas pada AC.Pada pipa hisap untuk menghisap gas dan pada pipa tekan untuk menekan gas ke seluruh jalur pipa di dalam sebuah mesin pendingin.

     3. PIPA KAPILER

Pipa ini berfungsi sebagai penurun tekanan refrigerant serta mengatur aliran gas refrigerant menuju evaporator .fungsi komponen ini sangat vital sebab pipa kapiler mempunyai 2 tekanan yang berbeda yaitu tekanan rendah dan tekanan tinggi.

Refrigerant yang bertekanan tinggi ditunkan atau diubah menjadi tekanan rendah oleh pipa kapiler ini,penurunan pada ferigerant ini mengakibatkan terjadinya penurunan suhu,pada bagian ini lah yang bisa menyebabkan udara mencapai suhu terendah atau dingin.

    4.EVAPORATOR

Fungsi dari evaporator ini adalah mengalirkan dan menyerap panas dari udara ke dalam ruangan refrigerant ,wujud cair dari refrigerant akan berubah menjadi gas setelah melaui ini.

bisa disebut bahwa evaporator merupakan penukar panas ,pada dasarnya udara yang berada diruangan berAC diserap oleh evaporator dan masuk melalui sirip evaporator dan masuk ke pipa kapiler sehingga suhu udara yang keluar dari sirip-sirip menjadi lebih dari keadaan semula atau pada saat udara kondisi dingin,proses ini diatur oleh motor blower dalam indoor unit.

Baca juga : Cara bongkar AC split

KOMPONEN PENDUKUNG
  1. accumulator 
fungsi dari komponen ini adalah penampung sementara refrigerant cair yang bertemperatur rendah dan campuran minyak pelumas evaporator.

     2. STRAINER

Komponen yang berfungsi sebagai penyaring kotoran yang terbawa oleh refrigerant didalam sistem AC.

    3. BLOWER (KIPAS)

Komponen ini berada pada indoor unit yang berfungsi menyirkulasi aliran udara dalam ruangan sehingga udara dalam ruangan dapat bersikulasi melalui evaporator.

    4. MINYAK PELUMAS KOMPRESOR

Fungsinya untuk melumasi bagian kompresor yang bergesekan sehingga bisa menghindari terjadinya keausan atau untuk mendinginkan kerja kompresor.

KOMPONEN KELISTRIKAN


  • PCB KONTROL
  • THERMISTOR
  • OVERLOAD
  • KAPASITOR
REFRIGERANT 

Bahan pendingin ini merupakan sebuah zat yang mudah dirubah wujudnya atau bentuknya dari gas menjadi cair atau sebaliknya.bahan pendingin ini bekerja untuk menyerap panas dari sebuah ruangan sehingga udara yang berada di ruangan bisa menjadi dingin.

Untuk bahan yang dipakai dalam sebuah mesin pendingin untuk setiap merk tentu berbeda tergantung dari merk atau brand yang membuat produk tersebut ,semakin mahal bahan yang dipakai tentu harga semakin mahal .

demikian ulasan singkat tentang komponen apa saja yang berada pada sebuah mesin pendingin atau Air conditioner 
Semoga bermanfaat untuk kita semua.
salam sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar disini
Dan bila ingin berkonsultasi tentang artikel yang berhubungan dengan postingan ini kami selalu siap untuk berbagi

Design & Maintenance air conditioner

Layanan Service AC profesional  didukung oleh teknisi  berpengalaman jujur dan bertanggung jawab   Segala keluhan tentang AC anda...

postingan populer