15 Februari 2019

Cara perbaikan aki kering

T-FRESH SERVICE 🅰C™

Aki kerjanya adalah menyimpan arus listrik yang dihasilkan dari generator motor saat menyala.sehingga ketika aki mengalami kerusakan mati mengakibatkan sistem kelistrikan sebuah sepeda motor menjadi bermasalah karena cadangan listrik tidak dapat disimpan di aki.bahkan motor tidak akan bisa menyala.

aki dibagi menjadi 2 bagian yaitu aki kering dan aki basah .aki kering biasanya digunakan pada motor atau mobil keluaran terbaru sedangkan aki basah biasa digunakan untuk motor keluaran lama.

aki kering yang sering disebut MF batery (batery maintenance free)memiliki keunggulan dalam efesiensi penempatan dan tidak mengalami korosi dalam segi perawatan juga tergolong mudah sedangkan harga lebih mahal dari aki basah.

Penyebab kerusakan aki ada bermacam-macam misalkan rusak dimakan umur ,terjadi konsleting,atau terjadi kerusakan pada pengisian aki.sebelum memvonis aki rusak di cari dulu penyebab dari kerusakan tersebut.karena akan percuma jika aki sudah diperbaiki tetapi setelah dipasang akan rusak kembali karena penyebab utama dari kerusakan aki belum terselesaikan.


Benarkah aki kering dapat diperbaiki???

mungkin inilah yang menjadi pertanyaan banyak orang.Dan tentu menjadi harapan kita semua bahwa aki bisa diperbaiki terutama aki kering.

Permasalah yang ada biasanya aki kering tidak mampu lagi menyimpan arus secara penuh /lemah,sehingga waktu akan digunakan tidak mampu lagi menopang beban berat hal ini lah yang sering terjadi pada kendaraan kita .



Baca juga : Perbedaan kulkas 1pintu dan 2 pintu

Bahan-bahan yang digunakan :

  1. air aki
  2. lem steel
  3. obeng
  4. suntikan
  5. gergaji
  6. tang jepit
BERIKUT LANGKAH NYA :
  1. Copot aki dari sepeda motor atau mobil kita 
  2. buka penutup aki kering pada tahap ini ada beraneka ragam cover aki sehingga anda harus paham dulu caranya jika diperlukan gergaji silahkan di buka dengan gergaji karena ada sebagian jenis aki yang harus dibuka dengan gergaji .
  3. setelah itu kita lihat lubang pengisian aki jika masih ada airnya lebih baik baik dibuang saja. ganti yang baru nanti .
  4. cuci setiap lubang aki menggunakan air panas sampai benar-benar bersih
  5. keringkan dan tiriskan.
  6. isilah lubang-lubang aki dengan air aki suur gunakan bodrex per lubang 1biji bodrex
  7. diamkan selama 24 jam
  8. kemudian cas aki tersebut hingga penuh.
jika sepeda motor atau mobil anda tidak mengalami kerusakan pada pengisian akinya mudah-mudahan aki kering ini masih bisa digunakan dengan lancar setelah di lakukan perbaikan.

semoga bermanfaat .
salam sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar disini
Dan bila ingin berkonsultasi tentang artikel yang berhubungan dengan postingan ini kami selalu siap untuk berbagi

Design & Maintenance air conditioner

Layanan Service AC profesional  didukung oleh teknisi  berpengalaman jujur dan bertanggung jawab   Segala keluhan tentang AC anda...

postingan populer