24 Januari 2019

Cara tes kapasitor

TFRESH SERVICE AC .

Ada beberapa metode untuk tes kelayakan sebuah kapasitor . Salah satunya bisa menggunakan multitester khusus untuk mengukur besaran ohm sebuah kapasitor .

 Bisa menggunakan yang multi analog maupun digital . Mengapa kita harus bisa mengukur besaran sebuah kapasitor karena ini penting untuk mengetahui kelayakan dari kapasitor tersebut .

 Tanda sebuah kapasitor sudah menurun nilainya ditandai dengan suara mendengungnya suara dari sebuah motor listrik . Biasanya ini terjadi karena nilai kapasitor sudah menurun .

Itu bisa kita ukur nilainya dengan multitester akan tetapi jika Anda tidak membawa multimeter kita bisa mengetahuinya dengan cara pertama lepas soket kapasitor sambung dengan dua buah kabel pada kedua buah kaki kakinya kemudian colok kedua kabel tersebut pada tegangan 220v .

selama beberapa detik setelah itu lepas kan dari colokan dan konsletkan kedua kabel tersebut perhatikan jika ada percikan api yang keras berarti kapasitor tersebut masih layak pakai . Akan tetapi ingat tidak boleh terlalu lama dalam mencolok ke tegangan 220v Karena akan merusak kapasitor tersebut.

 

 Gambar diatas menunjukan kapasitor yang sudah mati/short yang ditandai adanya keluar cairan gel pada permukaanya. Selain keluar gel biasanya ditandai ada bagian yang menonjol di permukaan nya.


Untuk mengukur kapasitor ini kita bisa menggunakan multitester yang sudah dilengkapi dengan ukuran recistensi seperti gambar di bawah ini



 Hee maaf ya gambar agak gelap maklum ambil gambar malam hari. Salam dingin...semoga bermanfaat


Salam suskses selalu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar disini
Dan bila ingin berkonsultasi tentang artikel yang berhubungan dengan postingan ini kami selalu siap untuk berbagi

Design & Maintenance air conditioner

Layanan Service AC profesional  didukung oleh teknisi  berpengalaman jujur dan bertanggung jawab   Segala keluhan tentang AC anda...

postingan populer