11 Maret 2019

BURUNG KENARI

T-FRESH SERVICE 🅰C™
Kenari memang menjadi salah satu burung yang menjadi pilihan kicau mania di karenakan mempunyai beberapa keunggulan , seperti suara yang merdu , warna yang mempesona, dan tubuh yang indah.

Hingga saat ini banyak orang yang mencoba keberuntungan dengan menjadi pembudidaya  kenari untuk di jual belikan.

Tentang jenis kenari, tentu bagi mereka yang sudah lama berkecimpung di dunia kenari mungkin sudah tidak  asing lagi dengan jenis- jenis kenari.



Tapi bagi yang baru pertama kali terjun ke dunia kenari ini tentu menjadi hal yang harus mereka kenal terlebih dahulu. Di sini kita akan sedikit mengulas tentang jenis-jenis burung kenari tersebut.

JENIS BURUNG KENARI

  • Kenari yorkshire
Penghobi kicau sudah kenal dengan kenari yorkshire, kenari ini sering di jadikan indukan utama bagi para peternak kenari, tujuan pemilihan indukan ini karena punya warna dan tubuh yang ideal dan terbilang sempurna. Indukan yorkshire terkenal dengan tubuh yang sempurna sangar dan gagah.

Namun mengenai kicauanya yorkshire masih kalah dengan jenis lain, meski demikian kenari ini masih diminati oleh para pecinta burung , biasanya untuk mengakali suaranya yorkshire ini di kawin silangkan sehingga anakan bisa menghasilkan suara yang lebih baik dari indukanya.
  • Kenari border
Burung ini biasa disebut sebagai jenis kenari yang aktif tapi tidak galak dan suka berkicau, walaupun aktif tapi cenderung dikatakan pemalu, maka dari itu burung ini dalam pemeliharaanya lebih baik dipisahkan dari burung lainya yang cenderung lebih agresif, kenari ini juga suka mandi, jadi jika tiAP hari di mandikan burung ini akan lebih kegirangan.
  • Kenari Norwich
Jika dilihat dari posturnya burung ini bentuknya bulat mirip dengan kenari bordir meskipun bentuknya norwich lebih kecil, bedanya kenari border tampak indah pada warna bulu dan bentuk postur, sedangkan kenari norwich tidak hanya berpostur bulat tetapi juga punya kicauan yang unik.

Kenari ini mempunyai panjang sekitar 15-16 cm dari paruh hingga ekornya, dulu burung ini di pelihara oleh para penenun yang melarikan diri ke inggris. Ketika burung ini sampai di norwich burung ini di kembang biakan disana, kenari ini mempunyai bentuk pipi chuby dan bentuk tubuh yang gemuk dan cenderug bulat.
  • Kenari Gloster
Bagi pemula saya sarankan memilih kenari yang mudah dalam perawatanya, seperti kenari gloster, kenari ini dikenal dengan burung yang mudah dalam perawatanya, kenari ini mempunyai tubuh yang kuat dan lincah. Kenari ini tergolong punya kicau yang cukup merdu tetapi tidak bisa di golongkan menjadi kenari yang yang suka bernyanyi.

Burung ini di pelihara bukan karena kicauanya tetapi cenderung karena kuat dan tahan bantingnya,  kenari ini ada 2 jenis yaitu kepala jambul dan kepala polos, untuk yang berjambul dikenal dengan sebutan corona sedangkan yag kepala polos disebut consort.yang banyak disukai dari burung ini yang jenis corona karena terlihat lebih unik

Baca juga : kandang penangkaran Lovebird
  • Kenari crest


Kenari crest atau crested biasa disebut kenari jambul atau mahkota hal ini terlihat dari kepala yang berjambul, pada awalnya diberi nama king of fancy yang berarti raja fantasi. asalnya dari scotlandia.


Dalam bentuk fisik seperti ayam mini, bentuk yang imut kanari ini di golongkan menjadi 3 golongan.
Yaitu  kenari postur ,warna dan kicau. Burung ini mempunyai warna yang indah dan kicauan yang merdu sehingga dianggap sebagai burung kenari bersuara merdu.
  • Kenari Roller
Disebut juga harzers yang merupakan nama  nenek moyang , berasal dari jerman , burung ini dikenal mempunyai kicauan yang bersuara ngerol dengan suara yang bervariasi, burung ini termasuk burung peyanyi. Burung yang suka di ikutsertakan dalam lomba ini punya ciri ada gelembung di dagunya. 
  • Kenari Frill
Berasal dari belanda yang muncul sekitar abad 18, sekarang di kembang biakan di perancis italia belanda dan indonesia, burung ini panjangnya sekitar 20cm , pada tubuh burung ini terdapat 3 bagian yang unik yang biasa disebut mantle , jabot, dan fin.

mantle bulu kenari yang berada di sekitar punggung yang membetuk garis lurus simetris yang membelah punggung.
jabot bulu dada yang menggulung ke arah dalam.
fiin bulu paha yang sampai ke bagian sayap.
  • Kenari Belgia

 Burung ini  termasuk yang paling tua dan burung ini punya ciri khas yang berpengaruh terhadap varian kenari berkwalitas, para pecinta kenari menyukai burung ini karena punya bentuk unik . Ciri-ciri burung ini adalah mempunyai kepala yang kecil seperti ular panjang sekitar 17-18 cm dan tampilanya seperti burung bungkuk sehingga membuatnya semakin unik dan banyak dicari.
  • KenariSpanish Timbrado
Berasal dari spanyol , tergolong ke dalam jenis  kenari penyanyi dan disebut sebagai kenari istimewa, selain itu juga punya bentuk yang bagus dan sangat mempesona, sampai saat ini burung ini masih dikembang biakan karena banyak dicari di berbagai negara.

Ciri postur tegas, kokoh dan seimbang, dadanya bidang kakinya pendek dan bulu yang lebat , ekor membetuk huruf V, dan hebatnya lagi bisa bernyanyi dengan belasan suara.
  • Kenari Waterslager
Semakin kesini burung ini semakin banyak di cari, termasuk dalam varian suara istimewa,  seperti mampu menyerupai tetesan air, suara seruling dan dentingan bell. Meski demikian suara nya tidak selantang kenari yang lain, keunggulan lainya kenari ini mempunyai suara yang merdu tiada tara yaitu mempunyai suara lembut ke arah medium.

Cirinya punya panjang sekitar 15-16 cm, wara lebih dominan kuning pada umumnya, bulu terasa lembut,  bentuk paruh mengerucut tajam dan kenari ini tidak suka mandi.
  • Kenari Melayu
Salah satu burung yang berasal dari indonesia adalah burung ini, selain dikenal sebagai burung kenari melayu burung ini disebut juga kenari gunung , pada bagian paruhnya tampak seperti kenari tapi tubuhnya pendek seperti burung pipit.

Termasuk suku Fringilidae yang saat ini sudah menyebar ke seluruh dunia, burung ini bisa makan biji-bijian karena punya paruh yang panjang, pada umumnya punya warna kuning dan abu-abu suaranya bergemerincing pendek dan kadang berbunyi saat terbang.



Demikian ulasan tentang jenis-jenis burung kenari ini, semoga bermanfaat dan salam sukses untuk sobat-sobat semua.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar disini
Dan bila ingin berkonsultasi tentang artikel yang berhubungan dengan postingan ini kami selalu siap untuk berbagi

Design & Maintenance air conditioner

Layanan Service AC profesional  didukung oleh teknisi  berpengalaman jujur dan bertanggung jawab   Segala keluhan tentang AC anda...

postingan populer