13 Maret 2019

Cara mengetahui elco asli atau palsu

T-FRESH SERVICE 🅰C™
Elco (electrolit condensator) adalah kapasitor yang memiliki konduktor yang terbuat dari electrolit. Ada jenis elco yang kita kenal seperi milar, keramik, mika dan kertas. Kondensator adalah sebutan kapasitor. Elco biasanya dipakai untuk kapasitor yang memiliki polarisasi atau  kutub negatif dan positif dan memiliki nilai 1uF keatas.

Elco berfungsi menyimpan arus listrik, namun secara umum bisa digunakan untuk berbagai fungsi menurut kegunaan rangkaiannya.



Cara mengetahui elco asli atau palsu..?
Elco yang asli biasanya jika diukur dengan multimeter atau alat pengukur khusus untuk kapasitor akan menunjukan kapasitansinya sesuai dengan ukuran dari elco tersebut.



Jika anda membeli part ini harus berhati- hati karena sekarang banyak elco yang palsu, menurut pengalaman yang terjadi , pernah teman saya membeli sebuah elco berukuran 10.000uF 50v .

Setelah di pasang di rangkaian ternyata elco tersebut mengeluarkan cairan, setelah dicek dan di buka ternyata didalam elco tersebut bukanlah elco 10.000uF tetapi elco ukuran 1500uF 25v.

Ini artinya elco yang beredar dipasaran ada elco yang palsu, jadi saran saya anda harus berhati-hati untuk membeli part ini.

Tips membeli ELCO 

Untuk membeli elco yang asli, usahakan teliti bentuk fisiknya biasanya agak gemuk dan kakinya tidak karatan, jika sempat anda bisa mengukur dulu kapasitas dari elco tersebut.

Jika anda membeli elco, daftar dibawah ini bisa menjadi patokan atau referensi untuk perbandingan harganya.

Baca juga : Cara tes kapasitor

  • Elco 470 uF 50v merk panasonic Rp.4000
  • Elco 470 uF 50v merk Nipon chemi-con Rp.2000
  • Elco 470 uF 50v merk Rubycon Rp.2000
  • Elco 470 uF 50v merk elna Rp.1.750

Ukuran kapasitor

Mikro farad adalah ukuran untuk kandensator . Kapasitas dari kondensator berukuran dari pico farad, nano farad, mili farad dan micro farad.hingga apa yang disebut super kapasitor dan kilo farad bahkan hingga yota farad.

Demikianlah tutorial tentang cara mengetahui elco yang asli, semoga bermanfaat dan salam sukses.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar disini
Dan bila ingin berkonsultasi tentang artikel yang berhubungan dengan postingan ini kami selalu siap untuk berbagi

Design & Maintenance air conditioner

Layanan Service AC profesional  didukung oleh teknisi  berpengalaman jujur dan bertanggung jawab   Segala keluhan tentang AC anda...

postingan populer