07 Maret 2019

TRANSFORMATOR ( TRAFO )

T-FRESH SERVICE 🅰C™
Tranformator atau yang lebih kita kenal dengan sebutan trafo yang berfungsi untuk menaikan ataupun menurunkan tegangan listrik .Trafo biasanya bekerja pada prinsip elektromagnetik dan dapat bekerja pada arus bolak balik.



Trafo merupakan alat vital dalam dunia kelistrikan untuk meghantarkan listrik dari PLN yang besaran dayanya bisa mencapai ratusan kilo volt untuk kemudian disalurkan ke tower-tower yang ada kemudian akan disalurkan kembali melalui trafo yang akan diperlukan disetiap rumah.

JENIS TRANSFORMATOR / TRAFO

Pada trafo yang sering kita temui umumnya memiliki 2 kumparan kawat yaitu kumparan primer dan kumparan skunder.Sedangkan pada bagian tengah disebut inti trafo.dibawah ini adalah jenis-jenis trafo yang ada di pasaran di sekitar kita.


  • TRANSFORMATOR STEP-UP
Trafo ini memiliki sekunder yang banyak jika dibandingkan dengan lilitan pada primer,trafo ini menaikan tegangan,biasanya trafo ini untuk pembangkit listrik untuk menaikan tegangan.
  • TRANSFORMATOR STEP-DOWN
Trafo ini hanya memiliki jumlah lilitan skunder yang sedikit dari jumlah lilitan primernya,dan berfungsi untuk menurunkan tegangan.
  • TRANSFORMATOR AUTO TRANSFORMATOR

Jenis trafo ini hanya memiliki satu jumlah lilitan.Dalam trafo ini sebagian lilitan primer disebut juga sebagai lilitan skuder.Dalam lilitan arus skunder selalu menghadap ke arus primer,menggunakan trafo ini mempunyai keuntungan karena mempunyai bentuk yang kecil dan performa yang dihasilkan lebih bagus dari pada yang mempunyai 2 lilitan.


  • TRANSFORMATOR AUTOTRANSFORMATOR VARIABLE
Trafo ini bagian tengahnya dapat di ubah yang memungkinkan perubahan pada bagia lilitannya.
  • TRANSFORMATOR ISOLASI
Pada trafo ini jumlah lilitan primer dn skunder mempunyai jumlah yang sama,dan mempunyai tegangan primer dan skuder juga sama.
  • TRANSFORMATOR PULSA
Pada trafo ini diracang untuk menghasilkan gelombang atau getaran pulsa,dan biasa menggunakan bahan yang cepat naik sehingga ketika pada titik tertentu arus primer yang di trafo ini akan menghasilkan fluks maget.


  • TRANSFORMATOR 3 FASE
Pada elektronika dihubungkan secara bersamaan untuk bekerja dengan arus primer dan skundernya,dan biasanya lambang pada primer Y dan pada skundernya  .

Pada jenis-jenis trafo diatas bisa digunaka pada fungsinya masing-masing.Karena setiap jenisnya juga punya kegunaan yang berbeda-beda.Tinggal kita menyesuaikan trafo mana yang akan kita gunakan.Semoga ulasan singkat kali ini bermafaat untuk kita semua.
Salam sukses.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar disini
Dan bila ingin berkonsultasi tentang artikel yang berhubungan dengan postingan ini kami selalu siap untuk berbagi

Design & Maintenance air conditioner

Layanan Service AC profesional  didukung oleh teknisi  berpengalaman jujur dan bertanggung jawab   Segala keluhan tentang AC anda...

postingan populer