07 Maret 2019

GENERATOR GENSET

T-FRESH SERVICE 🅰C™
Halo sobat semua..jumpa lagi dengan blog tutorial dan serba-serbi dunia teknik T-fresh service.Kali ini saya akan sedikit megulas tentang Generator genset.

Semoga tutorial ini bisa bermanfaat untuk sobat semua yang membutuhkan informasi tentang Generator genset.



Ok...langsung ke topik ya...

Genset atau generator set adalah sebuah perangkat yang berfungsi menghasilkan daya listrik.Disebut sebagai generator set dengan pengertian adalah satu set peralatan gabungan dari dua perangkat  berbeda yaitu engine dan generator atau altenator.

Engine sebagai perangkat pemutar dan genarator sebagai pembangkit tenaga listrik.

Genarator adalah sumber tegangan listrik yang diperoleh melalui perubahan energi mekanik mejadi energi listrik.Generator bekerja melalui prinsip induksi elektromagnetik.

Yaitu dengan memutar suatu kumparan dalam medan magnet sehingga timbul suatu induksi.



Baca juga : Kabel grounding pada Instalasi Listrik

Genset berfungsi sebagai pembagkit tenaga listrik dalam bagunan yang besar dan bersifat  sebagai pembagkit tenaga listrik dengan mengguakan bahan minyak diesel.dalam skala kecil.

fungsi generator adalah sebagai pengganti sementara untuk mendapatkan tenaga listrik ketika PLN tidak menyala.

Besar kecilnya generator disesuaikan dengan kebutuhan beban.Mesin genaerator ini memerlukan bahan bakar yaitu minyak diesel yang harus dapat disimpan dalam ruag generator dan diluar generator.

Perputaran daya listrik tidak stabil,sehingga dibutuhkan alat penyetabil atau stabilisator,selain itu dibutuhkan alat tambahan otomatis jika listrik PLN padam.

Dan atap ruagan untuk alat ini sebaiknya tertutup,paling tidak dengan atap beton,lebih bagus dengan alat peredam suara.agar tidak bising,pondasinya dibuat terpisah dengan bagunan.

Udara di ruang generator akan menjadi panas jika dihidupkan,agar tidak terlalu panas harus diberi ventilasi udara yang bagus atau diberi exhaust untuk mengalirkan udara keluar ruangan.

Demikian sobat semua ulasan singkat ini.Semoga bemanfaat ya.
Salam sukses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar disini
Dan bila ingin berkonsultasi tentang artikel yang berhubungan dengan postingan ini kami selalu siap untuk berbagi

Design & Maintenance air conditioner

Layanan Service AC profesional  didukung oleh teknisi  berpengalaman jujur dan bertanggung jawab   Segala keluhan tentang AC anda...

postingan populer