09 Maret 2019

JENIS-JENIS DIODA

T-FRESH SERVICE 🅰C™
Hai...sobat semua ketemu lagi di tutorial t-fresh service. Tutorial kali ini saya akan membahas tentang jenis-jenis dioda.



Ada berbagai jenis dioda yang dibuat sesuai fungsinya akan tetapi tidak meninggalkan dari karateristik  dioda tersebut, seperti dioda penyearah,dioda emisi cahaya,dioda zener,dioda photo dan dioda varactor.


Cekidot...langsung ke topic ...ya..!

Jenis-jenis dioda :

Dioda penyearah ( rectifier ) 

Dioda ini terbuat dari bahan silikon yang berfungsi sebagai penyearah tegangan bolak-balik menjadi tegangan searah atau disebut juga penyearah tegangan dari AC ke tegangan DC.

Dioda zener

Dioda ini merupakan junction P dan N yang terbuat dari silikon, di kenal dengan voltage regulation yang bekerja pada daetah reverse, dioda ini mempunyai potensial sekitar 2,4 sampai 200volt dengan disipasi daya 1/4 sampai dengan 50watt, breakdown dari dioda ini menginspirasi pembuatan komponen elektronika kerabat dioda yaitu zener.

Dengan memberi doping yang lebih banyak pada sambungan P dan N, Ternyata tegangan breakdown dioda bisa cepat tercapai , jika pada dioda biasanya baru terjadi tegangan break down pada tegangan ratusan volt, tetapi pada dioada zener hanya dengan puluhan volt atau satuan volt.

Di datasheet ada zener yang memiliki tegangan v1 sebesar 2 volt , 5,6volt dan sebagainya. Fungsi dari dioda zener ini untuk pengamanan rangkaian setelah tegangan zener.

Tegangan yang masuk kerangkaian lain dan beban akan dibatasi oleh dioda zener .Jika input tegangan dibawah 5,6volt dioda tidak akan menghantarkan arus sehingga arus akan mengalir ke rangkaian lain dan beban.

Jika input mencapai 5,6volt atau lebih maka maka dioda zener akan terjadi break down dan arus akan mengalir melalui dioda bukan ke rangkaian atau beban.

Dioda emisi cahaya

Dioda ini dikenal dengan sebutan LED. Merupakan solid state lamp yang juga merupakan piranti elektronik dengan optic.sedangkan electrodanya sama seperti
Dioda lainya.yaitu anoda dan katoda.

Ada 3 kategori penggunaan LED ini yaitu;

  • Sebagai lampu indikator
  • Untuk transmisi sinyal cahaya yang dimodulasi ke jarak tertentu
  • Untuk menggandeng rangkaian yang terisolir
Bahan pembuatan dioda ini galium arsenida. Bahan ini mengeluarkan cahaya yang berbeda -beda, seperti yang lainya LED mempunyai nilai besaran yang terbatas dimana tegàngan majunya dibedakan menjadi 2 jenis.

Sedangkan besaran arus maju  standar yaitu 20mA. Karena dapat mengeluarkan 
Cahaya pengujian untuk dioda adalah mudah, cukup dengan menggabungkan dengan menggunakan sumber tegangan kecil saja

Atau dengan menggunakan ohm meter sesuai dengan polaritas elektrodanya.LED ini terbuat dari bahan inorganik yang mengeluarkan cahaya sebagai berikut:
  • Aluminium galium arsenida : merah dan infra merah
  • Galium aluminium phosphide: hijau
  • Galium arsenide phosphide: merah ,orenge-merah,orange dan kuning
  • Galium nitride : hijau hijau murni dan biru
  • Galium phusphide : merah kuning dan hijau
  • Zinc selenide : biru
  • Indium galium nitride : hijau kebiruan dan biru
  • Indium galium aluminium phosphide : oranye-merah , oranye kuning dan hijau
  • Silikon carbide : biru
  • Diamound : ultra violet
  • Silikon : biru 
  • Shapirre : biru
LED biru dan putih
LED biru pertama kali dipasarkan menggunakan galium nitride


Dioda cahaya ( photo- dioda )

Dioda ini bekerja pada daerah reverse , hanya arus bocor saja yang melewatinya,dalam posisi atau keadaan gelap arus yang mengalir sekitar 10A untuk bahan geranium sedangkan 1A untuk silikon.kuat cahaya dan temperatur keliling dapat menaikan arus bocor tersebut karena dapat menaikan resistansinya. Dimana kuat cahaya yang menyinari semakin kecil resistansinya.kegunaanya diantaranya untuk sensor pembacaan pita data berlubang  ( punch tape )

Dioda varactor

Dioda ini merupakan dioda kapasitas yang bisa berubah-ubah jika diberi tegangan.
Bekerja pada daerah reverse seperti dioda zener.bahan terbuat dari silikon dan bekerja menurut tegangan yang di berikan kepadanya, jika diberiman tegangan semakin naik maka kapasitasnya akan turun.banyak digunakan untuk penerimaan radio dan televisi pada pengaturan suara.

Dioda SCHOTTKY (SCR )

Dioda berfungsi sebagai pengendali.dioda ini masih keluarga semikonduktor dengan karateristik tabung thiritron. Dengan pengendalinya Gate (G).dioda ini sering disebut tyiristor ,SCR sebenarnya dari bahan campuran P dan N. SCR  terfiri dari PNPN ( positif negatif positif negatif) dan lebih lazimnya disebut PNPN trioda.


Semua dioda memiliki fungsi masing-masing dan bisa diaplikasikan sesuai dengan rangkaian elektronika yang akan digunakan. 

Semoga tutorial ini bermanfaat.
Salam sukses.












2 komentar:

Silahkan tinggalkan komentar disini
Dan bila ingin berkonsultasi tentang artikel yang berhubungan dengan postingan ini kami selalu siap untuk berbagi

Design & Maintenance air conditioner

Layanan Service AC profesional  didukung oleh teknisi  berpengalaman jujur dan bertanggung jawab   Segala keluhan tentang AC anda...

postingan populer